H-1 Bertemu Aksara

Duh neng, anaknya udah umur 4 bulan kok baru bikin cerita kelahiran? Sibuk soalnya buibu, sibuk mompa. Hohoho.

Alkisah setiap kali periksa ke obgyn dulu selalu nanya, kira-kira bisa normal kan dok? Yang dijawab dokternya “sejauh ini belum ada alasan untuk harus caesar”. Amin.

Jadilah gw rajin browsing segala macem untuk persiapan melahirkan secara normal. Meskipun tiap kali browsing ada sedikit yang menggelitik dalam hati, mempertanyakan kekuatan diri sendiri : bisa nggak ya gw menghadapi proses melahirkan yang menurut banyak orang begitu menantang.

Minggu 36, 37, 38, semua terlewati dengan santai. Sampai kok tiba-tiba udah minggu 39 dan bayinya masih belum masuk ke jalan lahir? Padahal udah tiap hari jalan keliling kompleks lho. Pas check up di minggu 39,5 kata dokter air ketuban sudah mulai berkurang. Akhirnya “cek dalam” yang kata banyak orang horor banget itu dilakukan. Dan beneran, emang horor (buat gw). Sakit banget!

Ndilalah hasil cek dalem panggul gw berbentuk android — padahal gw kan pakenya iPhone. Si android ini maksudnya bentuk panggul gw berbeda dengan panggul perempuan pada umumnya yang agak bulat, sedangkan panggul gw bentuknya kayak hati (heart shaped) jadi jalan lahirnya tergolong sempit. Itulah sebabnya, bayi belum kunjung masuk ke jalan lahir.

20140704-053122-19882713.jpg
Melihat kondisi ketuban yang udah berkurang, ObGyn menyarankan bahwa maksimal ditunggu 3 hari lagi. Kalau belum ada tanda-tanda melahirkan ya diinduksi. Apakah kalau diinduksi bisa melahirkan normal? Kata si ObGyn dengan bentuk panggul seperti ini induksi diestimasikan makan waktu 24-36 jam, itu pun belum tentu tidak akan berakhir dengan sectio. Yang bener aje lo gw udah 1,5 hari kesakitan akhirnya masih dibelek juga!!!

Akhirnya setelah konsultasi dengan suami & nyokap diputuskan untuk sectio keesokan harinya. Ada beberapa pertimbangan sih :

  1. Seminggu sebelumnya ada orang kantor dengan kondisi ketuban sudah berkurang, memutuskan untuk tetap menunggu munculnya tanda-tanda akan melahirkan alami sampai 3 hari sesuai deadline dari dokter. Di hari ketiga, saat jadwal kontrol, ternyata bayinya sudah tidak bergerak lagi :(((( Peristiwa ini bikin gw ketakutan banget, takut membuat keputusan yang salah dan menyesal seumur hidup.
  2. Gw ogah induksi lama-lama kalau ujungnya tetap harus sectio. Kalau lahiran normal kan sakit prosesnya tapi recoverynya nggak sakit dan cepat. Kalau sectio prosesnya nggak sakit tapi recoverynya yang sakit dan makan waktu. Kalau udah induksi lama plus sectio, udah sakit di awal eh sakit juga di belakang. Ogah.

Maka masuklah gw kembali ke ruang ObGyn :

“Dok kayaknya saya mau cesar aja deh, dan nggak perlu tunggu 3 hari. Dokter ada kosong kapan?”

“Besok sore ya bu jam 5”

“ok deh dok. Besok ya”

Ini janjian mau kencan apa mau ngelahirin sih kok santai bener dua-duanya?

Akhirnya keluar dari ruang praktek langsung ke bagian administrasi untuk booking kamar. Nyokap mulai mules-mules karena senewen, sedangkan gw masih sibuk mondar-mandir urus paperwork. Itu pun pulangnya gw masih minta makan di Grand Indonesia, karena itu makan enak terakhir kan ya sebelum puasa sampai keesokan harinya.

Sampai rumah, mendadak nangis di pelukan suami karena ragu. Nggak apa-apa nggak ya ini anak dipaksa lahir begini, gimana kalau dia memang belum mau lahir? Tapi ya udahlah, berdoa aja semoga ini pilihan yang paling baik untuk situasi yang ada. Eh abis itu baru inget kalau belum punya nama tengah untuk Aksara, jadi berembug dulu sama suami sampai ketemu yang disepakati kedua belah pihak.

Malam itu gw jadi manja banget sama suami, tidur aja nggak tau diri minta dipeluk padahal udah segede ikan paus. Abis gimana ya, itu kan malam terakhir kita cuma berduaan aja. Berikutnya udah ada anggota baru di keluarga Yudhanegara toh?

bersambung yaa ke cerita hadirnya Aksara.

Advertisements

Author: and.i.try

corporate slave by day. poet by night. rock chick by default. eats cupcakes with a sip of nonsense.

2 thoughts on “H-1 Bertemu Aksara”

  1. Koookk nangguunngg sik? hahaha

    bener banget deh klo tau ujung”nya bakal caesar kaya nya dulu gw lgsg terabas aja sc..sakit nya maakk dobel dobel..tp ya namapun ikhtiar ya huhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s